Apa itu Kasein? Fungsi & Manfaat Protein Kasein

Protein merupakan komponen penting untuk membangun serta mempertahankan massa otot.

Dari berbagai jenis protein yang ada, kasein menawarkan banyak manfaat terutama bagi para atlet, binaragawan, serta pencinta kebugaran.

Apa sih Kasein itu?

Kasein merupakan salah satu protein yang ditemukan dalam susu. Kadar kasein dalam susu berkisar 80 persen, sedangkan 20 persen lainnya adalah protein whey. Asam amino yang menyusun protein kasein memiliki banyak manfaat. Keju cottage adalah salah satu bentuk lain dari kasein. Biasanya para binaragawan dan atlet mengonsumsi kasein sebelum tidur, agar protein bisa dicerna tubuh saat tidur.

Fungsi Kasein

Salah satu perbedaan antara protein kasein dengan protein whey adalah pada proses pencernaannya. Proses pencernaan kasein lebih lambat daripada protein whey. Setelah dikonsumsi, di dalam perut kasein akan berubah bentuk menjadi seperti gel yang kemudian akan dicerna secara perlahan. Proses pencernaan kasein membutuhkan waktu tiga hingga empat jam. Kondisi ini menjadikan tubuh bisa mendapatkan asupan asam amino secara kontinyu selama periode waktu tersebut. Saat ini sudah banyak tersedia di toko obat maupun apotek protein kasein berbentuk bubuk yang berkualitas.

Bubuk protein kasein tersebut bisa dicampur dengan susu maupun air putih, serta menjadi minuman lezat untuk menemani Anda saat melakukan perjalanan.

Manfaat Protein Kasein

Protein kasein bubuk mengandung asam amino glutamin dosis tinggi. Glutamin berfungsi membantu menjaga massa otot, membantu pemulihan otot setelah berolahraga maupun bekerja, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kasein merupakan jenis protein yang lambat dicerna, tubuh mampu menggunakannya secara efisien.

Protein Whey

Protein kasein dan whey, keduanya bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Protein whey paling baik jika dikonsumsi pertama kali di pagi hari dan sesaat setelah berolahraga. Protein ini bertugas untuk memenuhi kebutuhan otot-otot akan asam amino dengan cepat. Selain itu, protein whey juga dapat digunakan sebagai pelengkap asupan kasein di malam hari.

Peringatan

Bagi mereka yang memiliki penyakit ginjal, disarankan untuk menghindari konsumsi protein dalam dosis tinggi. Selain itu, jika Anda sudah mengalami gangguan kesehatan lain, dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi protein tambahan

About About Laboratorium Kesehatan

twitter @iqbalARZA :)

Posted on 15 April 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: