Pipet (Pra Analitik)

Jenis-Jenis Pipet

Pipet Volumetrik
Pipet volumetrik adalah contoh pipet transfer yang dirancang untuk memindahkan volume tertentu. Bagian tengah pipet mengelembung silindris dan besarnya volume tertera di bagian atas. Pipet bagian bawah dibuat berangsur-angsur kecil sedemikian rupa agar cairan yang tersisa di ujung pipet tidak akan mengakibatkan kesalahan pipet. Pipet ini cocok untuk cairan kental seperti darah atau sputum.

Pipet Serologik
Pipet serologik adalah contoh pipet ukur yang umum digunakan, dimana skala ukuran tertera sampai di bagian ujung pipet. apabila skala ukuran terhentu sebelum ujung pipet berakhir maka disebut pipet Morh. Pipet ini digunakan untuk larutan reagen dan tidak dianjurkan untuk mengukur standar untuk sampel.

Pipet Semiotomatik (fixed, adjustable)
Pipet semiotomatik umumnya tersedia dalam volume 5 – 1000 µL. Untuk volume yang besar, selain dalam bentuk pipet tersedia juga bentuk dispender yang dipasang pada mulut botol penampung. Prinsip kerja menggunakan piston yang menghisap yang menghisap berdasarkan tekanan positif. Sedangkan bagian yang bersentukan dengan cairan menggunakan ujung pipet plastik sekali pakai. Untuk pipet jenis ini perlu diperhatikan cara menekan penghisap yang benar.

Pemakaian Pipet Yang Benar
Tidak boleh memipet langsung dengan mulut. menggunakan pipet kaca harus menggunakan alat bantu karet penghisap atau bola karet (bulb). Pada saat menyesuaikan volume dengan skala ukur dan mengalirkan cairan, posisi pipet harus tegak lurus. Pengukuran permukaan cairan dengan skala ukur harus dilakukan pada bisang pandang sejajar mata. Untuk penggunaan pipet volumetrik, aliran tidak boleh terhalang dan saat mengalirkan cairan, ujung pipet harus menyentuh dinding wadah penampung sampai 2 detik setelah aliran terhenti. cairan sisa tidak boleh ditiup setelah aliran terhentin (blow uot).
Cara menggunakan pipet semiotomatik untuk menghisap adalah dengan memegang pipet tegak lurus, kemudian menekan sampai pisisi 1 dan melepaskannya kembali secara perlahan. Untuk mengeluarkan cairan, pipet dipegang tegak lurus kemudian menekan penghisap sampai posisi 2 dan melepaskannya kembali secara perlahan. Ada cara Forward dan reverse

About these ads

About About Laboratorium Kesehatan

twitter @iqbalARZA :)

Posted on 28 January 2012, in Peralatan Laboratorium and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 231 other followers

%d bloggers like this: